Tinggalkan Ketergantuan Energi Fosil Minyak dan Sejenisnya
Tinggalkan Ketergantuan Energi Fosil Minyak dan Sejenisnya

Di Indonesia sendiri masih banyak yang bergantung dengan sumber energy fosil minyak, gas dan batu bara. Seorang ahli bernama Budi dari LIPI yang merupakan pusat penelitian tenaga listrik dan mekatronik mengatakan bahwa LIPI memiliki beberapa penelitian yang hasilnya terkait dengan energy dan transportasi tanpa menggunakan Energy Fosil Minyak, Batu Bara ataupun Gas. Hal ini untuk mendukung kebijakan yang dilakukan pemerintahan dalam mengkonservasi dan versifikasi energy di masa mendatang, itu merupakan kata Budi salah satu ahli dari LIPI. Coba kamu pikirkan apa saja energy yang bisa digunakan agar penggunaan fosil minyak, batu bara dan gas menjadi berkurang? Karena jika digunakan terus menerus batu bara, fosil minyak dan juga gas akan habis pada akhirnya.

Sebuah riset yang ditujukan sebagai pengganti energy yang tidak dapat diperbarui seperti batu bara, gas dan fosil minyak telah ada, teknologi pembangkit listrik yang bernama Pico Hydro yang menggunakan tenaga kinetic air. Teknologi ini dapat membangkitkan listri walaupun menggunakan debit air yang sangat kecil dan yang paling penting teknologi ini sangat ramah lingkungan dan organism air seperti ikan juga yang lainnya. Teknologi ini juga sudah dijelaskan aman digunakan oleh Anjar Susatyo salah satu peneliti Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI. Dengan adanya teknologi yang memanfaatkan energy ala mini akan mengurangi ketergantungan terhadap fosil minyak dan sejenisnya.

Selain itu masih ada lagi riset penelitian yang digunakan untuk kendaran agar tidak terlalu bergantung dengan minyak atau bensin dan menciptakan polusi udara disekitarnya, riset tersebut adalah Hydrogen Internal Combustion Engine atau bisa disingkat dengan Hidrogen ICE yang merupakan riset LIPI. Bukankah banyak energy bumi yang dikombinasikan dengan teknologi sehingga menciptakan sesuatu yang luar biasa dan dapat digunakan terus menerus. Sebagai salah satu ciptaan tuhan yang paling sempurna dengan kecerdasan yang diberikan, kamu seharusnya juga harus iku berpikir bagaimana cara memanfaatkan energy yang ada di bumi dengan sebaik mungkin demi kelangsungan hidup.

1 Comment

  1. Dulu manusia masih harus mengandalkan bahan bakar fosil karena belum menpunyai alternatif energi lain, tetapi untuk masa sekarang telah beda karena sudah menpunyai banyak energi yang bisa di manfaatkan, seperti energi battery, bahan bakar ramah lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!